Honda RC213V-S, motor sangar dengan harga bikin ciuttt…

honda-rc213v-s-03

Tiba-tiba pengen aja mas bahas tentang motor Honda RC213V-S. Meskipun sudah diluncurkan oleh Honda di tahun 2015 lalu, tapi di blog ini belum dibahas.. karena blog ini baru aja lahir… jadi ya… nggak ada salahnya kita bahas ya mas.. yang sudah tahu ya mengingat kembali.. hehehe…

Pada beberapa waktu yang lalu, Astra Honda Motor memberikan kesempatan pada pemesan Honda CBR250RR dan juga para blogger senior untuk menungangin Motor Sport Honda seharga 5 Milyar ini mas. Para blogger senior yang sudah mencicipi seperti apa dahsyatnya motor Honda RC213V-S ini mengatakan bahwa motor ini ringan dan handling yang mantab, dimensinya lebih kecil dari pada supersport Honda CBR1000RR. Engine dengan cepat meraih putaran tinggi. Bahkan mas Iwanbanaran.com mengatakan mengendarai motor ini seperti mengendarai motor 150cc. Sepertinya emang user friendly banget ya mas. Berat motor hanya 170kg mas… 11-12 aja sama berat motor Ninja 250 mas…

Okelah kalu begitu.. seperti apa sih Honda RC213V-S ini… coba kita bahas ya mas…

Honda RC213V-S adalah motor yang sengaja dibuat oleh Honda yang spesifikasi hampir mirip dengan RC213V motogp dan ditambah dengan beberapa tambahan komponen agar motor bisa dipakai untuk harian dijalan raya. Engine menggunakan konfigurasi V kapasitas 999 cc, bore x stroke 81 x 48.5, liquid coolled. Max Power untuk RC213V-S standard: 117 kW / 159 hp @ 11 000 rpm (dengan racing kit : 158 kW / 215 hp @ 13 000 rpm).
Max Torque RC213V-S Standard: 102 Nm / 10.4 kgf-m / 75.2 ft.lb @ 10 500 rpm
(dengan racing kit : 118 Nm / 12.1 kgf-m / 87.0 ft.lb @ 10 500 rpm)

Mekanisme valve menggunakan teknologi Pnumatic sedangkan untuk Honda RC213V-S masih menggunakan mekanisme Spring untuk membalikkan gerakan Valve setelah didorong oleh Camshaft. Kemudian sistem transmisi belum mengaplikasi sistem Gearbox seamless. Yang paling terlihat adalah tipe ban yang digunakan menggunakan ban standar, tidak menggunakan ban tipe racing.

Berikut beberapa galery fotonya mas…

Spesifikasi Honda Honda RC213V-S

Make Model    Honda RC213V-S / RC213V-S (with kit)
Year    2015
Engine    V-4, 4-stroke, DOHC, 4-valve
Capacity    999 cc / 60.96 cu in
Bore x Stroke    81 x 48.5 mm
Cooling System    Liquid cooled
Compression Ratio    13.0:1
Induction    PGM-FI
Ignition     Full transistor, battery ignition
Starting    Electric
Max Power    Standard: 117 kW / 159 hp @ 11 000 rpm
With kit:   158 kW / 215 hp @ 13 000 rpm
Max Torque    Standard: 102 Nm / 10.4 kgf-m / 75.2 ft.lb @ 10 500 rpm
With kit:     118 Nm / 12.1 kgf-m / 87.0 ft.lb @ 10 500 rpm
Clutch    Dry, multi-plate, coil spring
Transmission      6-Speed, constant mesh
Gear Ratio    1st 2.125 / 2nd 1.647 / 3rd 1.368 / 4th 1.217 / 5th 1.100 / 6th 1.032:1
Primary Drive Ratio    1.933:1
Final Drive Ratio    Standard: 2.471
With kit:   2.353~2.933
Frame    Diamond
Front Suspension    Telescopic
Rear Suspension    Pro-Link
Front Brakes    Hydraulic double disc
Rear Brakes    Hydraulic disc
Wheels    Light alloy
Front Tyre    120/70 ZR17M/C
Rear Tyre    190/55 ZR17M/C
Castor    24.6°
Trail    105 mm / 4.1″
Dimensions    Length: 2100 mm / 82.7″
Width:     790 mm / 31.1″
Height:  1120 mm / 44.1 ”
Wheelbase     1465 mm / 57.7″
Ground Clearance     120 mm / 4.7″
Seat Height    830 mm / 32.7 in
Minimum Turning Radius    Standard: 3.7 m / 12.1 ft
With kit:   6.4 m / 21.0 ft
Dry Weight     Standard: 170 kg / 375 lbs
With kit:   160 kg / 353 lbs
Fuel Capacity     16.3 L / 4.3 US gal

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s