New Blue Core (Variable Valve Actuation) VVA Engine Yamaha

Bagi yang belum tau apa sih mas sebernarnya Blue Core Engine pada Yamaha? Teknologi yang membuat mesin Yamaha semakin irit bahan bakar dan performa mesin yang bagus. Kali ini Ruang Bakar Site coba akan sedikit share tentang ini mas, New Blue Core VVA engine Yamaha. New Blue Core VVA engine Yamaha adalah mesin yang terpasang pada motor Yamaha N-Max.

New Blue Core VVA engine Yamaha adalah mesin yang mengutamakan pada Increasing Combustion Efficiency (Menaikkan Efisiensi Pembakaran), Increasing Cooling Efficiency (menaikkan efisiensi pendinginan) dan Reducing Power Loss (Mengurangi Hilangnya tenaga pada mesin). Yukk kita bahas satu-persatu mas…

Increasing Combustion Efficiency

Kapasitas Filter Udara yang besar
Filter udara ini membantu memberikan efisiensi pembakaran yang sangat baik dan respon yang halus dalam berbagai kondisi penggunaan

Mengoptimalkan Fuel Injection System Setting
Sistem ini menyediakan 3 dimensi pemetaan ayng mengatur banyaknya bahan bakar yang disemprotkan oleh injector dan waktu pengapian berdasarkan rpm mesin dan bukaan gas (Throttle opening)

Mengoptimalkan tata letak dan bentuk Valve
Control udara yang efektif dan desain ruang bakar yang kompak

Desain Ruang bakar
Desain kubah ruang bakar yang menghasilkan pembakaran yang sangat baik.
Mengoptimalkan Tumble Effect (efek turbulensi udara yang terjadi ketika melewati valve intake) yang masuk ke ruang bakar)

Variable Valve Actuation (VVA)
VVA bekerja melalui mekanisme actuator Valve yang berganti yang digerakkan oleh punggung Cam. VVA akan bekerja setelah rpm 6000, sehingga Vlave intake akan membuaka lebih tinggi. VVA digunakan untuk menghasilkan akselerasi yang cepat dan performa mesin yang baik.

vva-grafik

Increasing Cooling Efficiency

Pemasangan Radiator disisi samping
Radiator dan kipas radiator yang dipoisikan disamping mesin untuk memberikan pendinginan yang lebih baik dan berpengaruh pada desain sasis yang optimal.

Thermostat dengan bypass valve
Thermostat ini tidak hanya digunakan untuk sirkulasi cairan radiator kedalam radiator sampai cairan pada temperature tertentu. Thermostat ini memperpendek waktu pemanasan cairan radiator sehingga berpengaruh pada efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

DIASil Cylinder
DIASil (Die Cast Aluminum Silicon) Cylinder adalah cylinder yang keseluruhan berbahan dari aluminium dan tidak menggunakan liner besi. Ini berpengaruh pada disipasi (pelepasan panas) dan kinerja pendinginan yang lebih baik.

Reducing Power Loss

Roller Rocker Arm
Sebuah roller bearing digunakan pada rocker arm yang biasanya bergesekan langsung dengan Cam, sehingga dengan adanya roller bearing ini resistansi gesekan akan berkurang.

Offset Cylinder
Posisi Cylinder bergeser kedepan (searah putaran mesin) untuk mengurangi gaya tekan piston terhadap dinding cylinder sehingga akan mengurangi gaya gesek antara piston dan cylinder.

Generator sistem
Generator/Alternator ini sangat efisiensi dalam menghasilkan listrik dan mengurangi hilangnya tenaga mesin saat generator bekerja.

Berikut videonya mas..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s