Yamaha YZF R1M, Street legal M1 Motogp.

Yamaha-R1M.jpg

Yuk mas mengenal Yamaha YZF R1M, motor terbaru dari Yamaha, berbeda dengan YZF R1. Yamaha YZF R1M merupakan motor sport 998cc produksi massal dari Yamaha. YZF R1M mempunyai teknologi dan system elektronik yang cukup tinggi karena turunan DNA dari Yamaha YZR-M1 motogp.

2015-yamaha-r1-street-legal

Engine dengan Empat Cylinder segaris Crossplane Crankshaft sehingga torsi akan selalu mengisi pada putaran rendah hingga putaran tinggi. Throtle body injector 48 mm. Power on Wheel 170 dk, claim dari Yamaha mencapai 190 dk. Transmisi 6 speed, slipper clutch. 0-100 km/jam butuh waktu 3.4 detik. Jarak 402 m dicapai dengan waktu 10.9 detik. Konsumsi BBM 11.1 km per liter (dengan bahan bakar RON 95).

Desain Yamaha YZF R1M ini sangat sporty, desain fairing dan tangki hampir mirip dengan Motor tunggangan Valentino Rossi di Motogp. Headlamp kecil disamping kiri kanan sehingga seolah tidak terpasang lampu utama pada front fairing. Terdapat lubang air scoop juga di front fairing yang berfungsi untuk supply udara ke air intake engine. Semua body full carbon sebagian cover body diguyur cat striping khas YZF R1M. Tangki dari Aluminium dilabur Clear untuk terlihat tetap mengkilap. Body belakang berlubang mas, desain mirip dengan Ducati Panigale. Dan untuk YZF R1F hanya ada satu jok mas, alias single seater, karena tidak ada jok belakang.

Fitur YZF R1M ini sangat lengkap mas, didukung dengan elektronik control yang semua bias kita setel (adjustable) sesuai kemauan kita. Untuk suspense depan maupun belakang menggunakan Ohlins dan bisa disetel. Traction Control System juga bisa diatur sampai Sembilan tingkat. Kemudian Slide Control System (SCS), fitur ini mengatur seberapa besar ban belakang ini Slidiing, setelan SCS ini ada tiga tingkat. Dilengkapi juga dengan Quick Shifter, sehingga pada saat kita pindah gigi kita tetap bisa betot gas dan tanpa menekan tuas kopling. Fitur berikutnya adalah Lift Control atau biasa disebu dengan anti Wheely, yaitu berfungsi untuk mengontrol agar roda depan tidak terangkat pada saat kita melakukan start pada saat balap ataupun pada saat Full Throtle akselerasi. Terdapat juga setelan Riding Mode mas, ada empat setelan, Riding mode A, mode B, mode C dan mode D. Riding mode ini terkait dengan setelan Power dari engine, Traction Control, Slide Control dan Lift Control, dan setiap Riding Mode kita bisa atur sesuai keinginan kita.

Semua pengaturan fitur yang ada diatur elektronik lewat main panel speedometer yang dioperasikan dengan tombol yang ada pada handle bar kiri dan kanan.

Pada panel speedometer terdapat tampilan tekanan handle rem (pada saat tuas rem ditekan) dan gaya inersia motor (tampilan gaya dorong kedepan atau kebelakang seperti kalo kita nontong motogp ataupun F1 itu mas). Kemudian tampilan Speedometer, Takometer, Gear Position, Shift Light, Lap Time, Schedule maintenance dan Jam.

Untuk brake menggunakan Brembo, dua piringan untuk depan satu piringan untuk belakang dan dilengkapi United Braking System yaitu ketika kita mengerem roda depan, secara otomatis rem belakang juga ikut aktif. Serta dilengkapi dengan Sytem ABS (Antilock Brake System).

Untuk Riding position tentunya akan nunggil banget mas, karena motor ini menganut desain Sport tulen. Stang underyoke dan jok sangat tinggi. Akan pegal saat kita mengendarainya di jalan raya, apalagi bertemu dengan kemacetan.

Ukuran Ban belakang 200/55-17 lebar velg 6 inch, untuk depan 120/70-17  dengan lebar velg 3.5 inch.

Tertarik mas?, kira-kira harganya berapa ya?, infonya mas, motor ini dibanderal 812 juta untuk On The Road Jakarta.

YZF R1M Spesification

Engine type 4-stroke, liquid-cooled, forward-inclined parallel 4-cylinder, DOHC, 4-valves Displacement 998cc
 Bore x stroke  79.0 mm x 50.9 mm Compression ratio  13.0 : 1
Max power  147.1 kW (200.0PS) @ 13,500 rpm Lubrication system  Wet sump
Max torque  112.4 Nm (11.5 kg-m)@ 11,500 rpm Fuel system FuelInjection
Clutch type  Wet, Multiple Disc Ignition system TCI(digital)
Starter system  Electric Finaltransmission  Chain
Transmissionsystem Constant Mesh,6-speed Oil tankcapacity  3.9 liters
Front suspension system  Telescopic forks, Ø 43 mm Front travel  120 mm
 Rear suspension system  Swingarm, (link suspension)   Rear travel  120 mm
Front tyre 120/70 ZR17M/C (58W)  Trail  102 mm
 Rear tyre  200/55 ZR17M/C (78W)  Caster angle  24º
 Front brake  Hydraulic dual disc, Ø 320 mm  Overall length  2,055 mm
 Rear brake  Hydraulic single disc, Ø 220 mm  Overall width  690 mm
 Overall height  1,150 mm  Seat height  860 mm
 Wheel base  1,405 mm  Minimum ground clearance  130 mm
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s